Kamis, 03 Juni 2010

SIKAP DALAM MENGHADAPI KEHIDUPAN (PELAYANAN)
YANG TERASA PAHIT

(Kej. 73:1-)
Oleh Pdt. Jery Adoe

Pendahuluan : Perintis identik dengan Merintih alias pahit, lebih banyak dukanya dari pada suka secara manusia. Seolah-olah tidak ada yang peduli berbeda dengan orang dunia menurut Mazmur 73 ini. Kadang kita ingin protes Tuhan dan bahkan ingin pergi dari Tuhan. Khusunya ketika tidak dapat memahami jalan Tuhan dalam seluruh jalan hidup kita.

Mazmur 73:1
“Mazmur Asaf. Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya.”

I. Tetap Bersyukur (Ay. 1 Bnd Ay. 21)
“Sesungguhnya Allah itu baik” Bandingkan kata “Pahit”
No. Strong: 02896
Kata : bwj towb
Pengucapan: tobe
Asal Kata : from 02895
Sumber : TWOT - 793a
Jenis Kata: adj, n m, n f

Dalam AV : good 361, better 72, goodness 16, , best 8, merry 7, fair 7, prosperity 6, precious 4, fine 3,wealth 3, beautiful 2, fairer 2, favour 2, glad 2,misc 35
baik 361, lebih baik 72, , kebaikan 16, , terbaik 8, adil 7, , berharga 4, bagus 3,
indah 2, lebih adil 2,


Daun Pepaya yang pahit bisa menyembuhkan penyakit malaria sebaliknya gula yang terasa manis akan menimbulkan sakit gula yang dapat membahayakan hidup kita. Itu sebabnya mengapa pemazmur mengatakan Tuhan tetap baik sekalipun hidup tersa “pahit” namun dia tetap mengatakan Tuhan Baik sebab di dalam Tuhan baik manis maupun pahit ada maksud dalam semua itu (Kel 15).

II. Tetap Cinta Tuhan dengan Tulus (Ay. 1)
“tulus hatinya”
III. Tetap Hidup Benar (ay. 1)
“bagi mereka yang bersih hatinya”

Ditengah hidup yang susah dan terasa pahit ini orang akan berusaha melakukan dan menghalalkkan semua cara untuk mendapatkan hidup yang “manis”. Namun tidak bagi Tuhan untuk mendapatkan yang manis kadang kita harus melewati masa-masa pahit. Seperti kata pepatah dunia bersusah-susah dahulu bearu bersenang-senang kemudian

IV. Tetap Menjadikan Tuhan Di Atas Segalanya (Ay. 25-26)
Mazmur 73:25=26
“25 Siapa gerangan ada padaku di sorga selain Engkau? Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi.26 Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.”
Tidak Boleh ada yang boleh mengambil Tuhan dalam hidup kita. Termasuk yang ada di bumi: harta, kedudukan, ketenaran, jabatan wanita, kesenagan dunia bahkan sakit penyakit seperti kata Paulus (Rom 8:35; 38-39)

8:35 Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?
8:38 Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang,
8:39 atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

V. Tetap Intim/bergaul akrab dengan Tuhan (Ay. 28)
“Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah;”

VI. Tetap Berharap Mengandalkan Tuhan (Ay. 28)
“aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan”

Dalam Bnyak mazmurterungkap kata : Tuhan perlindungan, hanya dekat Allah aku tenang, gunung bstu dll. Bukti bahwa Allah kita luar biasa

KESIMPULAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BPD GSJA NTT

Foto saya
Kota Kupang, NTT, Indonesia
BPD GSJA NTT beranggotakan lima orang yang telah terpilih pada Rapat BPD pada Tanggal 10 Mei 2012 dan menghasilkan : Pdt. John Adu,S.Th MA(Ketua BPD), Pdt. Paul Alfred Ndaumanu (Wakil Ketua), Pdt. Dian Lawalata, S.Th (Sekretaris) Pdt.Martha Taek (Bendahara), Pdt.Leonardus Sae(Komisaris).