Kamis, 03 Juni 2010

MENJADI ORANG KESAYANGAN ATAU ORANG KEPERCAYAAN TUHAN
(orang Penting-Nya Tuhan)
( I Samuel 2 - 3: 1-21 )
Oleh : Pdt. Jery Adoe

PENDAHULUAN : Kita semua Bisa menjadi Orang Kristen, Namun tidak semua Orang Bisa menjadi orang kesayangan Tuhan, apalagi menjadi orang Kepercayaan Tuhan. Bicara menjadi orang kepercayaan Tuhan bukan sekedar karena telah lama menjadi orang Kristen, atau telah menjadi tokoh atau tua-tua gereja. Buktinya Eli sekalipun dia senior, itu tidak menjamin dia bisa dengan sendiri menjadi orang kesayangan Tuhan (2: 18 bnd 26; 3:19).
Kalau begitu siapakah orang yang disebut sebagai orang kesayangan atau orang pentingnya Tuhan dan adakah cirri-ciri-Nya ?

I. IA SEORANG YANG SANGAT MENGHORMATI TUHAN DALAM HIDUPNYA (2:30.c bnd Ay. 29)

1 Samuel 2:30
Sebab itu--demikianlah firman TUHAN, Allah Israel--sesungguhnya Aku telah berjanji: Keluargamu dan kaummu akan hidup di hadapan-Ku selamanya, tetapi sekarang--demikianlah firman TUHAN--:Jauhlah hal itu dari pada-Ku! Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah.
1 sam 2:29
Mengapa engkau memandang dengan loba kepada korban sembelihan-Ku dan korban sajian-Ku, yang telah Kuperintahkan, dan mengapa engkau menghormati anak-anakmu lebih dari pada-Ku, sambil kamu menggemukkan dirimu dengan bagian yang terbaik dari setiap korban sajian umat-Ku Israel?
Keluaran 5:16
Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

II. IA MEMILIKI HUBUNGAN YANG INTIM DENGAN TUHAN (3:3)

I Sam. 3:3
Lampu rumah Allah belum lagi padam. Samuel telah tidur di dalam bait suci TUHAN, tempat tabut Allah.

III. IA PEKA TERHADAP SUARA TUHAN (3:4-6 Bnd Ay. 8 dan 15)

Bila membaca secara keseluruhan Samuel diganggu oleh suara Tuhan dan dia baru bisa tidur dan tenang kalau dia telah menanggapi suara itu
A. berhubungan dengan Panggilan dan rencana Tuhan (Jadi hamba Tuhan atau melayani)
B. Berhubungan dengan dosa.
I Sam. 3:4-5)
4 Lalu TUHAN memanggil: "Samuel! Samuel!", dan ia menjawab: "Ya, bapa."
5 Lalu berlarilah ia kepada Eli, serta katanya: "Ya, bapa, bukankah bapa memanggil aku?" Tetapi Eli berkata: "Aku tidak memanggil; tidurlah kembali." Lalu pergilah ia tidur.
I Sam. 3:8
Dan TUHAN memanggil Samuel sekali lagi, untuk ketiga kalinya. Iapun bangunlah, lalu pergi mendapatkan Eli serta katanya: "Ya, bapa, bukankah bapa memanggil aku?" Lalu mengertilah Eli, bahwa Tuhanlah yang memanggil anak itu.
I Sam. 3:15
1 Samuel tidur sampai pagi; kemudian dibukanya pintu rumah TUHAN. Samuel segan memberitahukan penglihatan itu kepada Eli.


Orang yang belum menanggapi sauara Tuhan dan panggilan Tuhan tidak akan tenang dalam hidupnya sebelum dia menanggapi dan meresponi suara manis Tuhan itu.





IV. IA MEMILIKI KERINDUAN UNTUK MENGENAL TUHAN SUNGGUH-SUGGUH ( 3:7 bnd Filipi 3:10 Hosea 6:3)

Kita bisa tahu tentang Tuhan tetapi bukan sekedar tahu tapi kenal siapa Tuhan, kemampuan-Nya, apa yang paling Dia sukai dan yang paling dibenci.

V. IA ORANG YANG TAAT KEPADA TUHAN-NYA (3:9-10 bnd Bilangan 28:1-46)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BPD GSJA NTT

Foto saya
Kota Kupang, NTT, Indonesia
BPD GSJA NTT beranggotakan lima orang yang telah terpilih pada Rapat BPD pada Tanggal 10 Mei 2012 dan menghasilkan : Pdt. John Adu,S.Th MA(Ketua BPD), Pdt. Paul Alfred Ndaumanu (Wakil Ketua), Pdt. Dian Lawalata, S.Th (Sekretaris) Pdt.Martha Taek (Bendahara), Pdt.Leonardus Sae(Komisaris).